Jumat, 12 Oktober 2012

Kenapa Harus Pilih STIS?

Postingan yang satu ini memang cukup memberikan informasi untuk adik-adik yang sedang duduk di bangku SMA, khususnya kelas XII yang sedang dihadapkan dengan berbagai pilihan universitas maupun perguruan tinggi yang jumlahnya begitu banyak di Indonesia.
Oke, disini saya akan memberikan sejumlah informasi tentang perkuliahan di perguruan tinggi yang kini tengah saya jalani. STIS, mungkin kebanyakan orang masih asing dengan sekolah yang satu ini. Apa itu STIS? Perguruan tinggi apa? Dimana tempatnya? Ada jurusan apa saja di dalamnya?
Let's start it guys! :)

Apa itu STIS?
STIS itu merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Tentunya ilmu yang didalami di STIS adalah ilmu statistik dengan program D-IV dimana terdapat tiga jurusan peminatan yang bisa dipilih oleh mahasiswanya, antara lain statistika ekonomi, statistika kependudukan, dan komputasi statistik.

Perguruan tinggi apa STIS itu?
STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Jadi, mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dari STIS akan langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan BPS dan akan langsung ditempatkan dan disebar di seluruh BPS wilayah Republik Indonesia.

Dimana tepatnya letak STIS?
STIS berada di Provinsi DKI Jakarta, tepatnya di Jalan Otto Iskandardinatta No. 64C Jakarta Timur.

Mengapa harus memilih STIS?
Puluhan ribu siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA yang mendaftar untuk mengikuti ujian saring masuk STIS. Namun hanya sekitar 500 orang yang diterima setiap tahunnya. Tentunya ini akan menjadi persaingan ketat antar peserta untuk merebut satu kursi sebagai mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Tidak jarang peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi masuk STIS memutuskan untuk tetap memilih STIS meskipun mereka juga telah diterima di berbagai perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia maupun perguruan tinggi di luar negeri. Setelah dilakukan pengamatan terhadap beberapa mahasiswa baru STIS, inilah beberapa alasan mengapa mereka memilih STIS :

1. Kedinasan
Alasan yang satu ini memang salah satu alasan terkuat mengapa mereka tetap bertekad untuk memilih STIS. Sebagai perguruan tinggi kedinasan, tentu disini merupakan tempat untuk mencetak generasi baru untuk menjadi abdi negara kelak. Dengan kata lain, setelah lulus dari STIS, mahasiswanya akan langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil Gol. III A, mereka akan langsung ditempatkan dan disebarkan di seluruh kantor BPS wilayah Republik Indonesia.
2. Kuliah Gratis
Karena STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan BPS, maka biaya perkuliahan selama 4 tahun disana akan ditanggung oleh pihak BPS. Dengan kata lain, mahasiswa tidak mengeluarkan biaya untuk membayar kuliah di STIS. Selain itu, BPS akan memberikan uang tunjangan ikatan dinas kepada mahasiswa setiap bulannya. Kuliah gratis, mendapat tunjangan pula, apa lagi yang kurang teman? :D
3. Dorongan Orangtua
Orangtua selalu menginginkan segala sesuatu yang terbaik untuk anaknya. Begitu juga dengan masalah pendidikan, dengan status kedinasan di STIS, orangtua akan merasa lega jika kelak anaknya lulus kuliah tidak perlu lagi mencari-cari lowongan pekerjaan di luaran sana melainkan akan langsung diangkat menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemerintah.
Selain itu, dengan tidak dipungutnya biaya kuliah di STIS ditambah uang tunjangan ikatan dinas setiap bulannya tentu teman-teman akan banyak membantu meringankan beban orangtua.
Indah sekali bukan, apalagi mengingat bahwa ridho Allah merupakan ridho orangtua.
4. Menyukai bidang ilmu statistik
Ada beberapa mahasiswa yang memang niat masuk ke STIS karena ingin lebih mendalami dan mempelajari bidang ilmu statistik. Dengan begitu, tentunya mereka memang tidak salah pilih. Dengan belajar di STIS, ilmu kita peroleh, pekerjaan sudah di depan mata, dan juga BPS menyediakan banyak beasiswa dalam negeri maupun luar negeri untuk pegawai BPS yang berprestasi. Maka berprestasilah sebaik mungkin, maka teman-teman akan memiliki kesempatan untuk menginjakkan kaki di negeri orang.

Nah, beberapa poin di atas merupakan sekelumit informasi tentang STIS. Bagaimana teman-teman tertarik bukan untuk juga berada di dalamnya? Terus ikuti berita penerimaan mahasiswa baru di web STIS, karena disana akan terdapat info-info penting yang harus teman-teman pahami sebelumnya. Selain itu, yang terpenting adalah teman-teman harus belajar giat untuk bisa lulus Ujian Nasional dan juga lulus ujian saringan masuk STIS. Semoga keinginan teman-teman bisa terwujud dan bisa membanggakan orangtuanya kelak. Aamin.
Sekian informasi dari saya, terimakasih :)

0 komentar:

Poskan Komentar